Negara Dengan Curah Hujan Tertinggi Di Dunia Yang Wajib Diketahui

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang biasa terjadi karena termasuk dalam musim yang ada didunia. Negara-negara tropis akan mendapatkan curah hujan setidaknya dalam kurun waktu 6 bulan dan negara berempat musim hanya 3 bulan. Nah, diantara curah hujan normal ada loh negara dengan curah hujan tertinggi didunia yang wajib diketahui.

Hujan dengan intensitas tertentu biasanya akan membawa pengaruh tertentu pula dalam sebuah negara. Bisa mengakibatkan suburnya tanah, lahan perkebunan atau mendatangkan banjir. Nah dalam artikel ini akan disimak bersama mengenai negara dengan curah hujan tertinggi didunia yang wajib diketahui.

1. Kota Quibdo, Colombia

Quibdo merupakan kota dengan populasi terbesar di Colombia dan mencapai jumlah seratus juta jiwa. Quibdo merupakan daerah yang terletak di sisi barat Colombia dan dekat dengan pegunungan-pegunungan. Kota padat penduduk ini memiliki dua musim dalam setahun yaitu hujan dan kemarau, dengan presentasi 304 hari untuk musim hujan.

Musim hujan yang memiliki intensitas sangat lama dan tinggi ini memang tidak berimbang dengan musim kemarau di kota tersebut. Meski merupakan kota dengan curah hujan tertinggi namun Quibdo sering mengalami kekurangan air. Sistem penampungan dan pengelolaan air yang kurang berimbang dan baik membuat kota ini sering mengalami kesulitan pasokan air untuk hidup.

2. Kota Monrovia, Liberia

Kota tertinggi selanjutnya yang memiliki intensitas hujan adalah kota Monrovia di pantai barat laut Afrika. Sebuah kota yang dihuni lebih dari satu juta penduduk ini mengalami musim hujan setidaknya selama hampir 8 bulan lamanya. Kelembaban terjadi paling tinggi pada bulan juni dan juli sedang musim hujan dimulai sejak bulan mei.

Kelembaban dan tingginya curah hujan sering membuat wilayah di kota ini digenangi air dan juga lumpur yang menganggu aktifitas. Intensitas tertinggi hujannya memang hanya terjadi antara mei hingga oktober, sedang desember hingga februari tidak terlalu. Lepas dari februari hingga april atau awal mei barulah mereka merasakan musim kemarau.

3. Kota Hilo, Hawai

Hawai terkenal dengan pantainya yang indah dan musim panasnya yang selalu menggoda untuk dikunjungi. Namun siapa sangka bahwa di kota Hilo, Hawai curah hujan tertinggi didunia terjadi. curah hujan tertinggi ini memang terbukti dengan lamanya masa musim hujan ketimbang musim panas atau kemarau yang terjadi.

Hampir selama 272 hari dalam setahun penduduk kota Hilo dan beberapa wilayah kepulauan Hawai lainnya dilanda hujan. Pulau Mauui, Big Bog didaerah pesisir Taman Nasional Haleakala dan Gunung Puu Kui juga mengalami lamanya waktu hujan. Bayangkan saja bahwa hanya sekitar 3 bulan atau 90 hari saja penduduk Hawai merasakan musim panas yang menyenangkan dan hangat.

4. Kota Mangalore, India

Kota Mangalore di India memiliki populasi sekitar empat ratus ribu jiwa atau penduduk dan memiliki curah hujan tertinggi di India. Mangalore dinobatkan sebagai kota terbasah di sepanjang wilayah India. Tanah-tanah akan lebih lama tergenang air dan suasana lembab selalu menyelimuti daerah ini lebih dari 6 bulan lamanya.

5. Kota Buenaventura, Colombia

Masih datang dari wilayah Negara Colombia yang ternyata masih memiliki wilayah dengan curah hujan tertinggi di dunia. Kota yang memiliki jarak kurang lebih seratus mill dari Quibdo ini memang lebih lama mendapat hujan dari kota lainnya. Musim kemarau atau panas hanya mampir pada bulan januari hingga april dan selebihnya adalah musim hujan.

Nah diatas itulah beberapa negara dengan curah hujan tertinggi dan wajib diketahui, untung sekali Indonesia tidak termasuk ya. Namun terlepas dari itu harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan rasa syukur atas apapun yang diberikan alam semesta ya. Selain itu kalau memang sedang musim hujan jangan lupa jaga kesehatan dan bekali diri dengan payung ya!